In the Name of Allah the Most Gracious the Most Merciful

August 9, 2008

Inisiasi Menyusu Dini


Keberhasilan menyusu untuk ibu yag baru saja melahirkan bisa dirintis sesaat pasca persalinan yang kini populer disebut Inisiasi Menyusu Dini Menurut penelitian yang dilakukan Karen Edmond di AS, 2 tahun silam, inisiasi dini mampu menurunkan sampai 22% kematian bayi dibawah usia 28 hari.
Begitu bayi lahir, tanpa dibersihkan dulu, langsung diletakkan di dada ibunya selama kurang lebih satu jam. Untuk beberapa saat bayi akan diam saja, menenangkan diri sebab proses kelahiran itu trauma bagi si kecil.
Kini bayi akan menciumi punggungtangannya yang masih berlumuran air ketuban. Subhanallah..ternyata air ketuban aromanya mirip dengan bau puting susu ibunda. Maka dia mulai merayap-rayap dengan kaki mungilnya menendang perut Bunda. Nah gerakan kakinya yang menendang perut itu ternyata merangsang rahim Bunda untuk kontraksi dan mengeluarkan ari-ari. Bahkan pada beberapa kasus, tendangan kecil ini mampu meredakan perdarahan pada si ibu.
Nah...gerakan Pekan ASI Sedunia yang dimulai tanggal 8-8-2008 bersamaan dengan Olimpiade Beijing ini diharapkan mampu mendorong ibu-ibu bersemangat juang mempersembahkan yang terbaik untuk si buah hati...Selamat Berjuang Bunda

No comments:

Post a Comment