In the Name of Allah the Most Gracious the Most Merciful

July 19, 2008

Sarapan dan Bekal Sekolah


Jangan pernah mengabaikan sarapan!. Menurut hasil penelitian para pakar, anak-anak yang terbiasa sarapan terbukti lebih mudah menangkap pelajaran, mampu berkonsentrasi dengan baik dan lebih aktif dalam keseharian di sekolahnya.
Hanya saja selama ini masih banyak orang beranggapan sarapan mestilah dengan nasi dan lauk pauk lengkap. Padahal yang terpenting dalam menyiapkan sarapan adalah kandungan protein, lemak dan multivitamin. sedangkan karbohidrat lebih sebagai faktor penunjang. artinya jumlah kalori dari karbohidrat jangan terlalu banyak.
Pasalnya jika karbohidrat yang lebih banyak dimakan, akibatnya gula darah meningkat dan selebihnya anak akan merasa loyo dan mengantuk.
Jadi dalam menyediakan sarapan, yang utama adalah menyediakan susu, oatmeal, roti panggang lengkap dengan scrambled eggs dan sayuran (daun selada, timun dan tomat) serta diberi olesan keju atau mayones. Pilihan lain bisa berupa nugget ayam/ikan, sosis ayam/sapi, telur rebus atau daging giling dibuat burger.
Selain sarapan dengan menu gizi seimbang, anak juga perlu mendapat bekal makanan yang bergizi dari rumah. Jangan dibiarkan anak jajan sembarangan, kecuali jika sekolah menyediakan kantin dengan menu makanan yang baik.
Bisa saja sejak malam hari anda menyiapkan sarapan dan bekal sekolah untuk kemudian dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Saat pagi hari anda tinggal menyiapkan dan menghangatkan. Anda bisa membuat variasi mie, pizza, roti isi, burger, arem-arem dan masih banyak lagi.
Menu yang bervariasi akan membuat anak tidak cepat bosan dengan sarapan yang disediakan bundanya. Begitu pula untuk bekal sekolah, anda dapat mengemasnya dalam wadah bekal yang beraneka rupa agar anak tidak bosan.

No comments:

Post a Comment