In the Name of Allah the Most Gracious the Most Merciful

July 20, 2008

Makan Terjaga, Kolesterol "Keok"

Kolesterol boleh dibilang biangnya “musuh dalam selimut”. Ia dibutuhkan tubuh kita, namun dalam kadar tertentu berbuah malapetaka. Untunglah, semua derita itu bisa diatasi dengan mengatur pola makan yang sehat.
Kolesterol amat penting untuk tubuh kita, terutama berfungsi sebagai pembentuk hormon estrogen, androgen, juga pembentukan vitamin D dan asam empedu. Kolesterol juga amat penting dalam menjaga kekebalan tubuh melawan racun, bakteri dan sebagainya.

Kolesterol, karena tidak larut dalam air, maka harus diangkut oleh protein yang larut dalam air, yaitu lipoprotein. Nah lipoprotein itu sendiri dibedakan berdasarkan menurut berat jenisnya : HDL (High Density Lipoprotein), Low Density Lipoprotein (LDL) dan Very Low Density Lipoprotein (VLDL).

Jenis LDL dan VLDL (lemak jenuh yang jahat) dapat menimbulkan endapan kolesterol dalam pembuluh darah, sebaliknya HDL (lemak jenuh yang aman) justru mampu menggelontor kolesterol kedalam hati untuk dipecah oleh empedu dan dibuang dari tubuh kita.

Karena itu kita perlu mengetahui jenis makanan apa saja yang dapat menghajar kolesterol. Serat serealia dipandang paling baik untuk mampu menggusur kolesterol dari dalam tubuh. Jadi pilihlah jenis makanan yang mengandung tinggi serat seperti : serealia (oatmeal untuk sarapan) roti gandum, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Jika anda pernah mendengar bekatul beras atau gandum untuk menurunkan kadar kolesterol, ya memang benar. Menurut penelitian, 1,5 ons bekatul jika dikonsumsi tiap hari dapat menurunkan kadar LDL sampai 20% dan meningkatkan kadar HDL sampai 15%.

Khasiat bawang merah yang dilalap mentah terbukti mampu menurunkan kadar LDL sekaligus meningkatkan kadar HDL, begitu juga dengan wortel mentah yang kaya pektin. Makanya tak heran jika anda menikmati hidangan sate kambing pastinya ada acar wortel dan irisan bawang merah mentah ya. Karena kedua jenis ini jika disantap dalam menu makanan sehari-hari, menurut penelitian, mampu mengurangi risiko penyakit jantung 20-40%.Jadi kalau sedang menikmati sate, jangan singkirkan bawang merah dan wortelnya ya...tuh kolesterolnya keok khan?!

Kalau anda saat ini diketahui kadar kolesterolnya tinggi, maka cobalah makan buah jeruk selama empat bulan. Maka kandungan pektin yang terdapat didalamnya akan mampu memangkas kolesterol hingga 9%. Bahkan ada yang sampai 10-19%. Bahkan yang lebih banyak lagi adalah pada buah apel, yang mampu menurunkan kadar kolesterol sampai 20%. Tapi tidak berarti anda hanya melulu makan apel dan jeruk saja. Tentu saja harus dibarengi pula dengan makanan lain sebagai penyeimbang.

Kini sudah semakin terungkap khasiat kedelai untuk menurunkan kadar kolesterol. Karena itu anda bisa menambahkan menu tahu dan tempe serta susu kedelai . Dari hasil penelitian, dianjurkan anda mengkonsumsi tempe sedikitnya 50gram per hari, diikuti dengan asupan sayur-sayuran segar dan buah serta nasi yang berasal dari berasal merah.(ysm/berbgi sumber)

No comments:

Post a Comment