In the Name of Allah the Most Gracious the Most Merciful

August 20, 2008

mempersiapkan kehamilan

jika Anda menghendaki anak yang sehat, maka persiapan sejak jauh hari mutlak dilakukan. lingkungan yang sehat, yang menjadi tempat tumbuh janin harus disiapkan dengan benar sebelum terjadi pembuahan dan berlanjut sampai hamil. Jadi jauhi kebiasaan yang merugikan dan membahayakan perkembangan janin Anda.
  • perilaku dan lifestyle : nutrisi yang baik dan olahraga teratur sebaiknya dilakukan sejak sebelum Anda hamil. Hindari pemakaian obat-obatan non medis, minuman alkohol, merokok ataupun menjadi perokok pasif. Artinya sejak saat ini Anda harus menjauhi kehidupan atau gaya clubbing.
  • riwayat kesehatan : jika Anda penderita diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit bawaan lainnya harus rutin periksa ke dokter agar saat terjadi kehamilan, kesehatan Anda tetap dapat terjaga dengan baik. Begitu pula jika Anda pernah menderita Rubella ataupun penyakit kelamin sebaiknya lakukan pemeriksaan sebelum terjadi kehamilan
  • Nutrisi yang baik : sebaiknya Anda memperhatikan asupan makanan. Rencanakan menu makanan sehat agar janin Anda tumbuh sehat dan optimal. Jangan sampai terjadi Anda kekurangan vitamin dan asam folat yang bermanfaat bagi pertumbuhan janin yang optimal.
  • olahraga : wanita yang fisiknya sehat memiliki sedikit risiko dalam menghadapi kehamilan maupun pada saat proses persalinan. Jika Anda tidak pernah berolahraga, mulailah karena tak ada kata terlambat. olah tubuh yang teratur bisa mencegah konstipasi dan meningkatkan pernapasan, melancarkan peredaran darah dan menguatkan otot tubuh.
  • pemeriksaan medis : pilihlah dokter kandungan yang berpengalaman, jika Anda termasuk wanita dengan kehamilan berisiko tinggi (a.l karena diabetes, jantung, tekanan darah tinggi). jadilah pasien yang baik, artinya aktif bertanya tentang perawatan medis. dan laporkan jika ada gejala tertentu. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi jika terjadi infeksi lakukan pengobatan sedini mungkin. Semua jenis infeksi : flu, saluran kemih, infeksi vagina, atau infeksi lainnnya dapat diobati sebelum Anda hamil.(ysm)

No comments:

Post a Comment